Laman statis blogger dan pembaruannya, Era tahun 2014 Wooww keren!!!

Diposkan: 02 Maret, 2014
Ada yang baru di tahun 2014 tantang laman statis blog yang telah di perbaharui, baik tampilan dan tautan link membuat laman statis. Beberapa minggu jarang masuk di layanan Google (Blogger) karena kesibukan di luar dunia maya.

Setelah masuk waktu ingin memperbaharui salah satu laman, wooww!!, mengejutkan sekali, ternyata telah berubah. Dari tautan link membuat laman / page dan tampilannya hampir mirip dengan post entri. Dibawah ini screenshot yang kita ambil dari Dashboard blog kita di blogger:


Jika kita perhatikan laman post entri dan laman statis hampir sama di Dashboard blog, terdapat perbedaan diantaranya label, kotak penelusuran di post entri, sedangkan di laman statis tidak ada. Dan cara membuatnya pun masih sama tinggal Buat Laman, dan akan terbuka seperti membuat post entri.

Sedangkan jumlah maximalnya masih saja 20 halaman atau Page, lebih dari itu Yaahh masih overlimits. Jika  kita lihat dari tampilan di dashboard blog sekarang aku menyangka bisa lebih dari 20 halaman. Tapi setelah di publishkan yang bisa hanya 20 laman, Hanya tampilanya berubah layaknya post entri.

Widget Pagelist blog untuk menu di Blog

Mengenai pagelist kemungkinan hanya berlaku untuk template yang Asli dari desaigner grafis Blogger template selain template pihak ke tiga, Dan saya pun lebih nyaman mempergunakan template dari aslinya Blogger, Karena fitur kemudahannya di gunakan serta support untuk blogger designer dan masih banyak lagi.

Kemarin kita mau nyari di mana letak edit pagelist, apabila kita ingin menambahkan Laman tautan yang kita buat menu dan horizontal, ternyata sudah tidak ada lagi untuk edit Pagelist melalui Laman. Dan kita bisa mengedinya melalui Tata Letak widget atau langsung di blog kita selagi kita sudah masuk di Blogger.com, bisa di klik icon gambar kunci dan obeng tersebut (Jika kita tidak menghapus quick edit widget).


  • Dan sisa mengisi Tautan link dan text yang ingin di tampilkan.


Tentang laman statis yang terpotong readmore

Jika kita tidak cermat dalam memasang readmore atau jumplink, terkadang laman statis justru terkena readmore atau terpotong, Entah readmore menggunakan javascript ataupun yang menggunakan data:post.snippet, dan sungguh di sayangkan jika laman statis blog kita terpenggal,  jelasnya Laman statis adalah laman single post atau dengan kata lain Full post body seperti halnya post item. Kerena ini post yang kita buat. 

Tips memperbaiki laman statis yang terpotong readmore

Memang sudah banyak yang telah menerbitkan cara memperbaikinya, tapi di post ini hanya sekedar melengkapi saja, ataupun sifatnya acuan dalam membenahi.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<!-- Ini data untuk full post entri item -->
<data:post.body/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<!-- Ini data untuk full post laman static_page -->
<data:post.body/>
<b:else/>
<!-- Ini data Kecuali post item dan laman statis -->
// Letakkan Code readmore anda disini, Readmore dengan javascript atau data post snippet
</b:if>
</b:if>

Yuupps itu di antaranya pembaharuan yang mengejutkan saya hanya tampilannya berubah, sedangkan jumlah maximalnya masih tetap. Tapi tampilannya keren kaya post entri!!!.
Lihat tampilan laman dan cara membuatnya yang sebelumnya, tampilannya sudah menjadi history.

1 komentar

  1. Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)
    http://pengobatanalamimustajab.com/

    BalasHapus