Menyembunyikan komentar atau mengaturnya di blogger versi seluler

Diposkan: 04 Februari, 2013
Cara Menyembunyikan komentar atau mengaturnya di blogger versi mobile atau handphone. Mungkin apa yang saya share ini kurang memberi manfaat di mata para pengguna platfom blogger/blogspot. Namun tak ada salahnya bila berbagi pengatahuan. Terkadang ilmu orang lain belum tentu kita miliki, begitu juga sebaliknya ilmu kita belum tentu di miliki orang lain (share knowledge).

Menyembunyikan kotak komentar juga mengaturnya apa saja yang ingin kita tampilkan di tampilan perangkat versi seluler mungkin sangatlah mudah bagi para master-master. Tetapi, sangat terasa sulit bagi yang baru mengenal atau baru berkecimpung di dunia blogging berplatfom  blogger dengan domain blogspot.com sama halnya seperti saya seorang pemula sedikit mumet & musnet ngotak atiknya tampilan versi mobile/seluler.
Tetapi sebelumnya perlu diketahui bahwasanya saya disini hanya berbagi scriptnya saja yang akan saya bagikan, bukan dengan cara memasangnya. Alasannya scriptnya adalah jelas seperti halnya menyembunyikan Feed link dan lain lain. Script  ini hanya digunakan untuk menyembunyikan beberapa element komentar pada tampilan versi seluler atau mobile saja seperti menyembunyikan :

  • Seluruh komentar, gambar icon komentar, tanggal dan waktu komentar, isi komentar, dan kepala komentar (nama user komentar, tanggal & waktu).
Dan ada point penting yang perlu di terapkan terlebih dahulu dalam tampilan costum template versi seluler,apabila belum memilih tersesuai atau custom, Silahkan ubah dulu  pada costum template seluler dan aktifkan tampilan Tersesuai/Defult. Berikut scriptnya dan saya sertakan hasil dari script dibawah ini juga screenshot dari google chrome dengan penambahan di akhir URL ?m=1.

Sehingga apabila artikel dibuka dalam tampilan versi desktop, maka seperti element komentar yang telah disebutkan di atas akan tetap ditampilkan dan user pun tetap dapat berkomentar untuk artikel yang ingin di komentari. 

  • Menyembunyikan seluruh komentar di versi seluler.
.mobile .comments {
display : none; 
}

  • Menyembunyikan gambar icon komentar di versi seluler
  • Kalau yang ini ada exemplenya.
.mobile .comments .avatar-image-container {
display : none; 
}

  • Menyembunyikan tanggal dan waktu komentar di versi seluler.
.mobile .comments .comments-content .datetime {
display : none; 
}


  • Menyembunyikan isi komentar di versi seluler.
.mobile .comments .comments-content .comment-content {
display : none; 
}

  • Menyembunyikan kepala komentar (nama user komentar, tanggal & waktu) di versi seluler.
.mobile .comment-header {
display : none; 
}


Apabila komentar diatur atau di sembunyikan beberapa element komentar semisal vavicon gambar user komentar di tampilan perangkat seluler antara lain tampilannya rapi, simple, kolom komentar lebih lebar, loading blognya lebih ringan dan lain lain bila dibuka menggunakan perangkat mobile atau costum tampilan seluler.

Jadi gunakan script di atas untuk blog berplatfom blogger bila ingin menyembunyikan yang ingin di sembunyikan sesuai keperluan, tanpa menghalang halangi pengunjung untuk memberi komentar atau respon terhadap artikel yang ingin di komentari melalui tampilan versi seluler. Dan script di atas kita praktekkan menggunakan template bawaan blogger standart.


Sampai di sini berbagi untuk hari ini and salam blogging...

NB : 
-Yang kita screenshot di atas adalah telah kita sembunyikan vavicon user coment terlebih dulu.

3 komentar

  1. Mantap broo.. Ijin praktek buat blog saya coz kalo di lihat dari versi mobile tampilan coment nya kurang enak di pandang

    BalasHapus
  2. Makasih banyak gan udah mau brbagi

    BalasHapus