5 Tips web atau Blog agar ramah terhadap browser Handphone (HP)

Diposkan: 21 Februari, 2015
Seiring dengan perkembangannya waktu dari tahun ke tahun, ataupun dari bulan ke bulan. Handphone [HP] menjadi sarana alat komunikasi yang simple, baik untuk telphone, sms, dan berinternetan.
Di saat berselancar menggunakan peramban browser hp terkadang menjumpai suatu web atau blog yang (maaf terkadang mengganggu pembaca). Walaupun artikel ini kita tulis survei kecil kecilan secara pribadi dan tidak harus di jadikan patokan, dikarenakan hanyalah sebuah TIPS atau OPINI saja ....
Beberapa tips agar web/blog ramah terhadap mobile browser, atau bahasa ngetrennya Mobile Friendly.

#1. Menghindari memuat popup element tertentu.
Popup laman memang bisa menciptakan gaya menarik dalam suatu web bila pada layar yang lebar, namun terkadang menimbulkan lucu saat di akses menggunakan browser hp yang layarnya sempit. Bahkan bila di buka dengan peramban browser mobile yang tidak bisa merender javascript terkadang fitur fitur clouse(x) lewat dari layar dan pembaca bingung akan menutup popup tersebut.

#2. Design versi mobile atau responesive design.
Agar orang yang mengunjungi situs web atau blog anda merasa nyaman buatlah web / blog dengan versi mobile atau responsive design, supaya user dalam membaca tidak perlu melakukan zoom.

#3. Halaman web atau blog dimuat dengan cepat.
Sudah tidak asing lagi dengan banyaknya artikel lain penggiat untuk mempercepat loading halaman web/blog. Ternyata loading halaman web di browser desktop atau peramban browser hp modern itu berbeda dengan browser2 sekelas WAP dan browser yang tidak bisa merender javascript. Apabila halamannya lambat dimuat tentunya User akan kelamaan menunggu dan menunggu.

#4. Mengondisikan karakter sesuatu yg tidak memiliki dukungan.
Masih ingat dulu ketika mendapat sms tulisan arab atau tulisan hindia, sedangkan hp yang menerima tidak support bahasa tersebut. Sehingga tulisannya tersebut kadang tampil dan terkadang pula "Kokkkk jadi kotak kotak...!!!!" waduhhh... Dan alangkah baiknya apabila pandai mengkondisikan karakter karakter khusus ataupun unicode, yang mana yang mendukung dan mana yang tidak.
- if modern browser mobile
- if browser hp not support

#5. Tidak memasang iklan dengan semrawut.

Iklan yang semrawut tidak lagi ramah dengan browser hp. Di karenakan perangkat layar hp ada yang besar dan ada yang kecil, bila iklan yang di pasang semrawut/ berantakan kemungkinan akan mengganggu user dalam membaca. Mending berantakan di browser desktop dari pada di browser hp yang layarnya terkadang kecil secara logikanya. Sedangkan browser desktop rata2 layarnya adalah lebih besar. sehingga iklan yang di pasangnya tidak mengganggu pembaca dalam membaca atau menavigasi laman yang di bukanya.

1 komentar