Beberapa tips persiapan perjalanan (travel) keluar Kota atau Daerah

Diposkan: 30 Agustus, 2014

Beberapa tips persiapan perjalanan (travel) keluar Kota atau Daerah
Melakukan perjalanan tidak harus identik dengan yang namanya Travel, Bisa jadi hanya seorang pelajar yang tinggal di suatu daerah pedesaan berangkat kesekolahnya menuju kota tempatnya bersekola, itu  juga bisa dikatakan melakukan perjalanan. Hanya saja mungkin persiapannya lain.  Atau mungkin ke tempat keluarga, berwisata, mengunjungi suatu daerah dan lain lain.

Beberapa kiat persiapan melakukan perjalanan keluar kota atau berwisata :

#1 Tujuan perjalanan
  • Perjalanan atau travel tentu memiliki tujuan yang jelas, kemana tujuannya.  Jangan sampai perjalanan tanpa adanya tujuan.

#2 Menganggar dana perkiraan dana perjalanan
  • Dalam perjalana tentu tak lepas dari yang namanya dana atau biaya. Menentukan sarana yang ingin di jadikan saran transportasi
 ==> Misalnya:
  •  -Bila menggunakan kendaraan pribadi bagaimana
  • -Apabila tidak menggunakan kendaraan sendiri atau menyewa bagaimana?
  • -Berapa orang yang ikut, sendirian, berdua, bertiga dll.
  • -Kira kira perlu dana berapa kesana ya..?

#3 Menghubungi keluarga, tetangga rumah
Ada baiknya bila sebelum melakukan perjalanan (mungkin jauh kali ya) kita memberi tahu (pamit) sama keluarga, tetangga, temen dekat dan lain lain. Disamping itu kita bisa saling tolong menolong dalam hal kebaikan.Agar apabila ada seseorang bertanya bisa memberi tahu. Misalnya Si A itu kemana ya..? kok jarang lihat. Atau disaat kita melakukan perjalanan keluarga atau tetangga bisa membantu menjagakan rumah dan lain lain. Begitu juga di suatu saat apabila tetengga kita melakukan perjalanan kita bisa membantu menjagakan barang tersebut.
#4 Persiapan barang barang yang di bawa dan menemani  perjalanan
Perjalan yang jauh maupun yang tidak jauh bisa juga melelahkan, tentu kita tidak luput dari persiapan sebelumnya. Apa saja kira kira yang ingi di persi apkan sebelum melakukannya:Pakaian ganti, Alat untuk perlengkapan mandi bila lama, Handphone , Apa bila seorang muslim Mungkin bisa memperkirakan sendiri (misal: sajadah dan lain lain), Air putih (AP) dan makanan ringan untuk persiapan minum di perjalanan. Obat obatan dalam perjalan misalnya orangnya jarang melakukan perjalanan mungkin bisa (mabuk kendaraan) atau naik kendaraan tertetentu bisa pusing.
 ==> Diantara TIPS Packing di dalam tas:
  • Gulung pakaian jika tas kecil untuk menghemat ruang tas
  • Urutkan jadwal untuk pemakaian pakaian yang ingin digunakan
  • Pisahkan pakaian dari perlengkapan mandi, sandal, atau barang yang kotor. Mungkin ini bisa di bungkus dengan plastik atau semacamnya.
  • Hindari menyimpan barang yang berharga di satu tempat.

#5 Persiapan perlengkapan data diri pribadi.
  • Perlengkapan pribadi tentu saja penting sebagai identitas seseorang jangan sampai ketinggalan. Misalnya Kartu Tanda Pengenal(KTP), Passport, SIM dan lain lain. Atau mungkin bila memerlukan biaya tambahan ATM jangan ketinggal.

#6 Hindari Menjawab SMS, Mengangkat  telphone saat anda Mengemudi kendaraan.

#7 Jaga kondisi dan barang bawaan dalam perjalanan.

Mungkin ada tips yang lain ..? bisa di tambah di kolom komentar Blog.

Semoga selamat sampai tujuan ....:-)

Bersambung....

2 komentar