Mengubah Judul posting di depan dan Judul blog belakang di Blogspot

Diposkan: 21 Agustus, 2013

Cara mengubah Title Tag atau judul post di depan dan selanjutnya di ikuti judul blog di belakangnya di blog blogger. Memang sudah banyak yang para blogger blogger yang membagikan tentang pengalaman ataupun pengetahuan tentang hal ini yaitu mengubah judul tersebut di platfoom blogger. Judul post yang berada di depan konon lebih SEO dan friendly, sedangkan penulis disini tidak tapi paham apa yang di maksud SEO dan friendly (search engine optimis dan ramah).


  • Pada kesempatan kali ini Blog copygocopy mencoba berbagi trik mengubah Title tag standart Blogger yang Umumnya judul postnya berada di belakang dan di depannya adalah judul blog. Mengubah judul blog itu memang mudah karena sudah banyak tutorial bertebaran di internet, namun saat kita mengubah tentunya kita semestinya mendapatkan hal yang lebih baik dari sebelumnya. Jangan sampai justru malah kebalikannya, Yaitu saat kita mengubah judul terdapat kekurangan semisal judul Hilang ataupun terjadi terduplicate judul (Title tag) di halaman tertentu Terkecuali.

Untuk kegunaan mengubah title tag maka sebelum melangkah, alangkah baiknya kita sedikit paham ataupun menganalisa tentang Url di Blog layanan blogger (Google), Halaman apa saja yang ingin di prioritaska judul post di depan dan judul blog di belakang. 


  • Sepengatahuan penulis jenis halaman di blog blogger adalah monoton itu itu saja terkecuali ada perubahan dari layanan blogger (Google), Mengapa....? Karena kita ngeblog di blogspot kita tidak bisa (tidak diizinkan) membuat subdirectory (Exemple URL : blogku.blogspot.com/subdirectorysaya) di blog kita, namun di perbolehkan mengcustom URL  dengan Domain dan Subdomain (Exemple  : www.subdomainsaya.namadomain.com). [Merujuk blogger bantuan https://support.google.com/blogger/answer/175250?hl=id ]

Dan subdirectory yang diberikan dari layanan Blogger hanyalah satu yaitu [/Search], Yang untuk mendompleng Url search label, Search Query, search Update dan lain lain. 


  • Di antara contoh halaman Type di Blog blogger adalah : Laman Home, Halaman Posts, Halaman Static, Laman search label, Laman Arcives, Laman tidak di temukan (error page), Laman pencarian (search Query), Laman Search Update.....  

Nah dari sedikit tentang mengetahui jenis dan type Laman tersebut kita dapat memanfaatkan Tag Conditional untuk mengubah judul posts supaya berada di depan dan judul blog di belakang sesuai kegunaan dan agar terhindar terjadinya duplicate Title atau pun discrepsi.

Bila anda pernah memasang Breadcrum RDFa maka Coding yang saya share ini akan sinkcron dengan breadcrum tersebut, Antara judul di bar dan kondisi halaman. karena dasar susunan Tag Conditional sesuaikan. Namun sebelumnya perlu di ketahui bahwa pengubahan ini hanya judul  (Title tag) saja, tidak termasuk Meta tag Discription. Karena sepengatahuan penulis bahwa meta  tag Discription bisa melalui Dasboard yaitu dengan mengaktifkan setelan preferences penelusuran.

Untuk mengubah Title Tag atau judul post di depan dan selanjutnya  judul blog di belakang. Untuk kegunaan ini (custom) kita mengacuh pada template standart Blogger , Yang Titlenya masih standart karena jika template (Title tag) telah di modifikasi tentu berbeda beda dan sulit di jadikan acuan. Temukan di blog anda code berikut ini :

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Biasanya code tersebut letaknya di atas, Dan selanjunya ganti code di atas dengan code di bawah ini :


<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<!-- Title for Home_page.. -->
<title>Judul Blog Saya</title>
<meta content='Keyword saya khusus untuk halaman Home, keyword_A, keyword_B, Dst' name='keywords'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'> 
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<!-- Title for pages_Static.. --> 
<title><data:blog.pageName/> - Judul Blog Saya</title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, keyword di laman static, keyword_A, keyword_bdsb&quot;' name='keywords'/>
<b:else/> 
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> 
<!-- Title for posts_page.. -->
<title><data:blog.pageName/> - Judul Blog Saya</title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Keyword di halaman posts, keyword_A, keyword_B, dsb&quot;' name='keywords'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'>
<!-- Title for error_page.. -->
<title>404 Sorry (Page not found!!!) - Judul Blog Saya</title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'> 
<!-- Title for Archives_page.. -->
<title>Archive <data:blog.pageName/> - Judul Blog Saya</title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
<!-- Title for Sub_Search and Update_Pages.. -->
<title>All Posts - Judul Blog Saya</title>
<b:else/>
<!-- Title for the label, Search_Query and Update_Pages.. -->
<title><data:blog.pageName/> - Judul Blog Saya</title>
</b:if> 
</b:if> 
</b:if> 
</b:if> 
</b:if> 
</b:if>
</b:if>
</b:if>


Bila sudah jangan lupa gunakan fasilitas Pratinjau (Preview), dan jika tidak terjadi kendala Simpan Template.

Keterangan :
<!-- Title for Home.. --> :
Judul dalam kondisi type laman. Anda bisa menghapusnya disini hanya menjelaskan untuk kegunaan. 

<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, keyword_A, keyword_dsb&quot;' name='keywords'/> :
Ini adalah keyword bila ingin masih memakai keyword pada halaman tertentu, Jika tidak bisa di hapus.

Judul Blog :
Ganti dengan judul blognya masing masing atau yang di inginkan.



Title tag di atas tidak ada meta deskripsi, mengapa, karena meta deskripsi sudah di sediakan oleh layanan blogger. Mungkin bisa mengaktifkan di dashboard blog yang terdapat pada setelan seperti gambar di bawah ini :

Deskripsi untuk blog :

Image source Blogger 

Seperti gambar di atas bila tag meta di aktifkan dan di isi meta deskripsi untuk blog, maka akan di tampilkan di halaman selain halaman posts dan page static.

Deskripsi posts dan page posts :



Jika tag meta disetelan telah di aktifkan maka bila kita ingin membuat sebuah posts atau page static kita akan mendapati di sebelah kanan Deskripsi Penelusuran, itulah deskripsi untuk entri dan laman/page yang akan di tampilkan di halaman singel posts. Dan agar hindari penghapusan kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/>  yang terdapat di bawah kode  <head> yang nantinya untuk menampilkan meta deskripsi favicon dan sebagainya.
  
Dan selanjutnya, Berikut kita beri contoh dalam pengecekan bahwa judul tersebut benar benar berubah di tiap tiap kondisi dan tidak terdapat kekosongan Title di masing masing Page Type, Agar terhindar dari duplicate Title tak terkecuali. Buka blog Dalam beberapa Halaman :
  • Contoh URL : blogsaya.blogspot[dot]com (Halaman Home)
  • Contoh URL : blogsaya.blogspot[dot]com/2013/08/post-saya.html (Halaman Posts)
  • Contoh URL : blogsaya.blogspot[dot]com/p/post-static-saya.html  (Halaman Static)
  • Contoh URL : blogsaya.blogspot[dot]com/search/label/label saya (Halaman label)
  • Contoh URL : blogsaya.blogspot[dot]com/2013_03_01_archive.html  (Halaman Arcives)
  • Contoh URL : blogsaya.blogspot[dot]com/error_halamansaya (Halaman tidak di temukan (error page))
  • Contoh URL : blogsaya.blogspot[dot]com/search?q=query+pencarian  (Halaman pencarian (search Query) )
Halaman Subdirectory Search atau jika sebuah blog di blogger memasang kotak pencarian, Actinnya di  (/search) silahkan pada form input text kosongkan value nya lantas tekan enter
  • Contoh URL : blogsaya.blogspot[dot]com/search atau blogsaya.blogspot.com/search?q=


Mudahan berguna dan terhindar dari yang namanya duplicata title tag, deskripsi dan kekosongan judul. salam blogger. Bersambung... 

1 komentar

  1. Mantap! Judul halaman jadi bisa di depan judul blognya, cuma perlu modif dikit, terima kasih gan!

    BalasHapus