Mengaktifkan custom template blogger versi seluler

Diposkan: 17 Januari, 2013
Mengaktifkan custom template blogger versi seluler/mobile/handphone, mungkin saya tidaklah yang pertama mempublish artikel seperti ini. namun tidak ada salahnya bila berbagi dan share pengatahuan dan sebagai rujukan untuk blog ini.Untuk supaya nyamanan serta mudah bagi  yang mengakses blog melalui perangkat handphone atau seluler, maka kita merubah tampilan blog ke dalam versi seluler atau mobile mungkin lebih baik di lakukan. 

Costum blog yang platform blogger/blogspot biasanya akan terasa agak berat bila di akses dengan menggunakan perangkat handphone mungkin templatenya terlalu besar kali ya... atau memang jaringannya yang lambat, tapi bisa juga duitnya yang kurang hehe..?, hal ini tentunya akan membuat para pengakses merasa tidak nyaman, dikarenakan lambatnya proses loading blog tersebut, Supaya blog mudah juga lebih cepat bila di akses melalui ponsel maka perlu mengaktifkan tampilan blogger/blogspot versi mobile atau seluler supaya lebih menarik.

Bagi  yang ingin mengaktifkannya caranya cukup mudah kok..
  • Pastikan anda telah login di blogger masing masing.
  • Langsung saja menuju Template.
  • Terus  menu Template pada tab tersebut.
  • Klik gambar icon gear di bawah gambar custom seluler.
  • Pilih "Yes, show mobile template on mobile device" 
  • Bila dalam bahasa indonesia. Pilih “Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler.
Pada menu pilih template seluler tersedia beberapa tampilan seperti gambar dibawah ini.

Tapi kita lebih menyarankan pilihlah tampilan tersesuai atau custom, supaya bisa melakukan costumisasi dan bila di edit kelihatan hasilnya, Trus anda bisa melakukan pratinjau seperti  gambar di bawah ini.


Bila sudah di pilih salah satu, lalu klik Save atau simpan. Blog telah memiliki custom tampilan seluler bila browser perangkat seluler tersebut memungkinkan menampilkan  fitur seluler  seperti operamini dan lain lain.
Untuk mengakses versi seluler dari desktop cukuplah menambah di akhir URL dengan ?m=1, dan untuk mengakses versi desktop dari perangkat handphone yang terdeteksi versi seluler dengan merubah di akhir URL ?m=1 menjadi  ?m=0

Contoh :


Sekian cara mengaktifkan atau menjadikan custom template blogger versi seluler. 
Happy blogging...

2 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. top markotop akhirnya ktemu juga dan berhasil gan heheheh mks gan tutor nya

    BalasHapus